Minggu, 13 Maret 2016

MENGENAL STEAM



Apa Itu Steam?


Kalian mungkin pernah mendengar kata ‘Steam’ dari orang lain disekitar anda. Apa yang anda pikirkan jika mendengar kata tersebut? Apakah anda menerjemakannya menjadi bahasa Indonesia (Steam = uap)? Tidak mungkin jika ada teman anda yang menanyakan “Steam level mu berapa?” berarti “Uap level mu berapa?”, sungguh sangat tidak masuk akal.

Pengertian Steam

Baiklah sekarang saya akan menjelaskan apa itu Steam yang dibicarakan orang-orang disekitar anda. Steam bukanlah uap, tetapi Steam adalah distributor game milik Valve yang menyediakan Game yang dapat dibeli lalu diunduh secara online. Sistem pembayaran dapat menggunakan Credit Card / Kartu Kredit dan Steam Wallet. Game di Steam adalah game original bukan bajakan, kita dapat mengupdate game yang kita miliki di Steam secara resmi.
Dengan adanya Steam, diupayakan agar pembajakan game yang marak bisa ditekan. Cara kerjanya dengan mengunduh (download) perangkat lunak (software) Steam, dengan begitu dapat dicek dan langsung membeli permainan yang ada.

steam-logo

Dahulu, video game yang paling berkontribusi dalam meningkatkan popularitas Valve, Steam, dan Source (engine buatan Valve) adalah Counter Strike. Sekarang, permainan yang menjalankan tongkat estafet tersebut adalah Dota 2 dan Team Fortress 2, ditambah lagi kedua permainan tersebut gratis untuk dimainkan (Free To Play).
Steam rilis perdana di Windows pada 12 September 2003 , lalu rilis di Mac OS X pada 12 Mei 2010, dan di Linux pada 14 Febuari 2013. Steam juga ada di perangkat seluler, namun hanya untuk sekedar chat, mengecek inventory dan store. Dalam Steam tersedia 21 bahasa yang memudahkan penggunanya. Steam menggunakan bahasa pemrograman C++.
Jika ingin membuka Steam buka link ini. Untuk dapat membeli game dan mendownloadnya, anda harus menginstal dahulu software Steam.
Steam memiliki berbagai kelebihan dan kekurangan
Kelebihan Steam, antara lain :
  • Legal.
  • Sering diadakan diskon, baik yang bernilai besar maupun kecil. Juga ada yang dinamakan Summer Sale dan Winter
  • Sale, periode dimana Steam mengadakan diskon besar-besaran.
  • Menerima game yang telah dibeli secara langsung / dengan segera tanpa harus membayar ongkir (ongkos kirim).
  • Game yang dibeli akan ada di database Steam.
  • Ada fitur multiplayer yang memungkinkan kita untuk bermain dengan orang lain dan biasanya game yang terdapat di
  • Steam mendukung fitur komunitas.
  • Terdapat Greenlight, dimana pembuat game (developer game) dapat mempublikasikan karyanya dan bahkan dapat masuk ke toko Steam apabila syarat-syaratnya telah terpenuhi.
Jika ada yang memiliki kelebihan pasti ia juga memiliki kekurangan.
Kekurangan Steam, antara lain :
  • Hanya ada 1 serial key.
  • Memakai sistem download / unduh.
  • Dulu sistem pembayaran hanya bisa melalui via Paypal dan Kartu Kredit saja, namun sekarang sudah mendukung pembelian dengan pulsa atau voucher, walaupun melalui pihak ketiga.
Untuk hal-hal lain yang ada di dalam Steam akan saya bahas di post-post yang lain. Karena kali ini kita hanya berpusat pada pengertian Steam itu sendiri. Tunggu post-post berikutnya dari kami! Terus ikuti perkembangan terbaru dari blog saya, Terima Kasih!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar