Jumat, 26 Februari 2016

Inilah Dampak Badai Hujan Terhadap Kualitas Gambar di TV

 

Cuaca dengan teknologi terkadang seperti sepasang kekasih, namun tidak jarang juga seperti musuh yang saling menerkam. Dampak cuaca yang buruk selama ini juga memiliki pengaruh besar terhadap teknologi canggih yang diimplementasikan oleh manusia. Sudah banyak kendala yang dialami akibat badai seperti sinyal telepon yang terhalang hingga navigasi pesawat yang terganggu.

Melalui artikel berikut ini kami ingin memberitahu kalian semua mengenai seberapa parah sih dampak dari #fenomenabadai terhadap televisi, mulai dari gangguan terhadap kualitas gambar, gangguan suara, hingga dampak terhadap listrik di rumah yang tidak menentu. Apalagi kini di Indonesia, kondisi cuaca lagi kurang bersahabat, tampaknya pembahasan ini memang cocok kita bahas kan.

 

Dampak #fenomenabadai Terhadap Kualitas Gambar Ketika Kita Menonton Televisi

Kamu sering dong menonton channel kesayangan melalui TV yang ada di rumah maupun di kosan? Lagi seru-serunya nonton, eh ternyata TV kamu tersebut mengalami gangguan frekuensi. Kayak gimana coba gangguan frekuensi yang kita maksud? Nih cek dulu makanya video berikut ini:

https://youtu.be/S5FfXwwJijo  <------
Gak asyik banget kan, lagi asyik-asyiknya nonton, tau-tau gambar hancur kayak gitu. Hal mengganggu ini biasanya terjadi akibat kondisi cuaca yang sedang tidak bersahabat, contohnya hujan. Semakin tinggi intensitas hujan, maka biasanya kualitas sinyal yang didapatkan pun semakin buruk. #fenomenabadai juga memegang peranan yang besar dalam membuat kualitas gambar menjadi tidak jernih, kasar, bahkan suatu saat dapat terputus secara total.
Terus gimana dong solusinya? Apakah teknologi televisi saat ini sudah membantu kita dalam mengatasi persoalan gangguan frekuensi akibat cuaca yang memburuk, apalagi kini di Indonesia cuacanya lagi gak menentu-menentunya? Ada dong, ini dia contohnya:

1. Booster dan TV Signal Amplifier

Untuk di wilayah pedalaman atau di daerah dengan kontur dataran yang tidak rata, maka booster atau TV Signal Amplifier bisa jadi solusi. Perangkat tersebut berguna untuk memperkuat atau setidaknya menjernihkan gambar yang sulit untuk diterima oleh TV.

2. KU Band dengan Transponder yang Terjaga

Bagi penyedia layanan TV berbayar yang menggunakan jaringan KU Band, biasanya mereka mengakali gangguan cuaca dengan cara menyiarkan lebih sedikit channel dalam satu transponder sehingga sinyal dapat lebih padat dan kualitas gambar dapat lebih baik.

3. Built In Penjernih Gambar

Televisi-televisi generasi baru yang saat ini merebak dalam bentuk LCD dan LED biasanya dilengkapi dengan built-in penguat sinyal maupun filter yang dapat menjernihkan bintik-bintik yang ada pada siaran TV. Teknologi tersebut memang tidak selalu memberikan gambar yang memuaskan, namun tetap lebih baik dibandingkan dengan TV tabung konvensional.
fenomena-badai-3
Eh tapi tetep balik lagi kepada situasi cuaca sekitar. Mau sekeren dan secanggih apapun teknologi yang digunakan, jika cuaca buruk seperti #fenomenabadai maupun kejadian alam lainnya sudah semakin parah, maka teknologi tetap belum bisa berkutik dalam mengatasinya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar